Jumat, 27 Juli 2012

Menjadi Backpacker, Kenapa Tidak ?

Pernah gak berimimpi mengunjungi tempat-tempat keren di berbagai belahan dunia ? ya, semua pasti punya mimpi seperti itu. tapi pernahkan anda bayangkan mengunjungi tempat-tempat keren itu dengan budget yang minim ? hehe ... mending jadi backpacker aja !

 
Backpacker adalah istilah yang di gunakan untuk menyebut seseorang yang berpergian ke suatu tempat tanpa membawa barang-barang yang berat maupun bawa koper, backpacker ini juga berpergian ke tempat-tempat eksotik dengan budget yang minim

Hal pertama yang harus dilakukan ada perencanaan. Mau ke mana dan kapan? Ketika memilih tujuan wisata, pikirkan tentang beberapa hal berikut : ( Via http://ezytravel.co.id/ )
 
Musim dan waktu keberangkatan
Kalau kalian merencanakan wisata domestik atau di Asia Tenggara saja, maka tidak perlu terlalu kawatir karena iklimnya kurang lebih sama seperti di Indonesia. Tapi kalau kalian mau ke luar area Asia Tenggara, harap diingat bahwa banyak negara yang mempunyai empat (4) musim. Jadi tentukan dulu apakah kalian ingin berlibur untuk mengalami musim panas, gugur, dingin, atau semi?
Selain musim, cari tahu juga bila ada festival-festival atau event tertentu di negara tujuan. Kalau memang kalian ingin mengikuti festival itu, maka pastikan keberangkatan kalian mendekati tanggal festival. Kalau tidak, lebih baik berangkat setelah festival selesai karena tiket pesawat dan akomodasi pada tanggal-tanggal menjelang festival pasti mahal, dan harganya akan menurun setelahnya.

Biaya
Dengan dana terbatas, kalian masih bisa berlibur di daerah Asia Tenggara atau Asia Timur karena harga akomodasi, makanan, barang-barang, dan tiket pesawat ke sana tidak begitu mahal. Amerika Selatan dan beberapa negara Afrika bisa menjadi pilihan juga. Walaupun harga tiket pesawat ke sana bisa agak mahal, tetapi biaya lain-lainnya selama kalian di sana tidak begitu tinggi. Dengan dana yang lebih tinggi, kalian bisa juga backpacking ke Amerika Utara, Eropa, atau Australia.

Backpacking sendiri atau dengan teman/saudara
Pastikan dari awal apakah kalian mau travel sendiri atau bersama teman karena perencanaan wisata bisa berbeda. Tidak perlu kawatir kesepian karena di tempat-tempat wisata, kalian akan bertemu dengan backpacker-backpacker lainnya.

Visa
Pastikan kalian memenuhi persyaratan dalam mengajukan aplikasi visa. Kalau memerlukan bantuan, kalian dapat menghubungi travel agency / biro perjalanan terdekat.

Mata uang lokal
Cari tahu terlebih dahulu nilai tukar mata uang dan tukar uang dulu sebelum berangkat. Untuk alasan keamanan, sebaikna kalian tidak membawa uang tunai terlalu banyak, bawalah kartu kredit juga.

Bahasa lokal
Kalau ke luar negri, tidak perlu kawatir untuk mempelajari bahasa baru kalau kalian bisa Bahasa Inggris. Memang, mungkin di beberapa negara/kota, banyak penduduknya yang masih tidak bisa Bahasa Inggris, tetapi di tempat-tempat wisata, kemungkinan besar mereka mengerti Bahasa Inggris. Sebagai persiapan, kalian bisa saja mempelajari beberapa kata atau kalimat penting seperti “terima kasih”, “berapa harga…?”, “bagaimana cara ke …?”, dan semacamnya.

Akomodasi
Pilihan termurah adalah dengan menginap di hostel, di mana kalian biasanya tidur di satu ruangan dengan orang banyak. Mereka biasanya menyewakan locker juga, jadi kalian tidak perlu khawatir kehilangan barang. Saat tiba di bandara atau stasiun kereta di kota-kota tujuan wisata, biasanya ada beberapa brosur yang menawarkan hostel terdekat. Tetapi untuk lebih pastinya, kalian bisa book hostel sebelum keberangkatan.

Buku panduan / guide book
Buku panduan wisata dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko buku terkemuka. Selain itu, kalian bisa juga mencari tahu tentang kota-kota tujuan kalian dari Internet atau membaca-baca travel blog. Kalau waktu kalian singkat, pastikan kalian harus merencanakan tempat-tempat tujuan wisata sebelum berangkat. Tetapi kalau waktunya banyak, perencanaannya bisa lebih santai. Sesampainya di kota tujuanpun, kalian bisa langsung mencari peta dan bertanya-tanya kepada penduduk lokal atau penjaga hostel tentang tempat-tempat wisata dan cara ke sana.





1 komentar:

  1. kalau backpacker sendirian kyaknya gak enak sob.. lebih enak rame2..

    oya jangan lupa follow back blog aku ya :)

    BalasHapus

 

Copyright © Aris's Blog | Get More Information From here Design by Free CSS Templates | Blogger Theme by BTDesigner | Powered by Blogger

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...